Ketahui 7 Penyebab Wajah Tampak Lebih Tua, Bukan Cuma soal Pilihan Skincare

Mengapa wajah seseorang bisa terlihat lebih tua dari usia aslinya? Beberapa hal di bawah ini bisa jadi penyebabnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 September 2023 icon 20:05 WIB
Ketahui 7 Penyebab Wajah Tampak Lebih Tua, Bukan Cuma soal Pilihan Skincare

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Seseorang memang bertambah tua seiring usia mereka. Namun, tahukah kamu penyebab wajah seseorang bisa tampak lebih tua dari usia asli? 

Beberapa tanda penuaan yang umum terjadi adalah kulit wajah kusam, banyak kerutan, dan muncul flek. Seseorang biasanya akan mulai mengalaminya ketika memasuki usia 30 tahun, tapi ada juga yang seolah lebih cepat.

Kamu bisa saja terlihat seperti sudah berumur 35 tahun, padahal aslinya masih 24 tahun. Hal ini mungkin akibat penuaan dini, efek makeup atau pilihan gaya busana hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Tak Seribet yang Dibayangkan

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah sejumlah penyebab wajah seseorang mungkin kelihatan lebih tua dari usia aslinya:

Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)
Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)

Kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan

Pahami bahwa radiasi sinar matahari dapat merusak serat kolagen pada kulit. Akibatnya, kulit akan mengeras dan kering. Kondisi inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor kulit wajah tampak terlihat lebih tua dari usia aslinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sabun Cuci Wajah untuk Tangkal Dampak Polusi, Semua di Bawah Rp50 Ribu!

Dehidrasi

Asupan air yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dan bersih. Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi serta kulit yang terlihat lebih kusam, kering, dan kendor. Kerutan di wajah juga akan terlihat lebih jelas sehingga membuatmu tampak jauh lebih tua dari usia asli.

Kebiasaan merokok

Merokok pada dasarnya memang bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika diperhatikan baik-baik, para perokok biasanya akan terlihat lebih tua dari usia mereka.

Kurang tidur

Saat tidur, tubuh akan memperbaiki kulit dengan memproduksi sel-sel yang baru. Proses ini akan lebih optimal jika kamu tidur nyenyak dan cukup. Kurang tidur dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata dan membuat wajah tampak kusam.

Konsumsi alkohol yang berlebihan

Hal ini juga bisa memunculkan lingkaran hitam yang permanen di area bawah mata, wajah tampak membengkak, dan masalah kulit kusam. Minum berlebihan juga dapat merusak jaringan pada kulit, bahkan secara permanen.

Asupan nutrisi yang buruk

Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan sangat tidak baik bagi tubuh. Makanan tinggi gula berkontribusi pada masalah mata panda hingga kerutan pada kulit.

Pengaruh stres

Saat stres, sedih, atau mengalami perasaan negatif lainnya, seseorang cenderung akan mengerutkan kening. Hal ini bisa berkontribusi pada pembentukan garis halus dan kerutan.

Baca Juga: Nagita Slavina Basuh Wajah Pakai Sabun Cuci Piring, padahal Ini Dampaknya untuk Kulit

Perasaan tidak bahagia juga membuatmu memancarkan aura negatif. Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab wajah tampak lebih tua dari usia asli.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI