Sering Tidur tapi Mata Terlihat Lelah? Ini Alasannya

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab mata terlihat lelah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 12 Oktober 2018 icon 09:27 WIB
Sering Tidur tapi Mata Terlihat Lelah? Ini Alasannya

Ilustrasi mata lelah. (Unsplash)

Kamu sering mengusahakan untuk mempunyai jam tidur yang cukup dan berkualitas. Namun, tak ada perubahan pada mata yang selalu terlihat lelah. Kira-kira apa ya alasannya mata terlihat lelah?

Biasanya karena pekerjaan yang menumpuk dan membuat sering lembur, tubuh jadi merasa sangat lelah, termasuk mata. Walaupun sudah mempunyai jam tidur yang cukup, ternyata ada alasan lain mengapa tetap saja mata terlihat lelah. Kita cari tahu alasan lainnya di bawah ini, yuk.

1. Dehidrasi

Baca Juga: Ternyata Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan Dini Lebih Cepat, Lho!

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit kering dan rentan jerawat. Ternyata dehidrasi juga bisa menjadi menyebab mengapa seseorang bisa terlihat capek meskipun sudah cukup tidur. Sebab, dehidrasi bisa menganggi aliran darah dan menurunkan kinerja hati.

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com
Ilustrasi minum air putih. (Pixabay)

2. Alergi

Biasanya alergi disebabkan oleh pelepasan zat kimia seperti histamin yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga memengaruhi aliran darah di bawah mata. Histamin juga bisa membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap alias mata panda.

Baca Juga: Mata Lelah Lihat Layar Smartphone? Ini Solusinya

Disarankan untuk mengompres mata dengan air dingin atau es untuk mengurangi pembengkakan.

3. Otot mata tegang

Mata lelah bisa disebabkan karena terlalu lama memandang layar komputer atau handphone. Otot mata yang tegang bisa menyebabkan pembuluh mata di sekitar mata menjadi besar.

Solusinya adalah coba biasakan setiap 20 menit sekali melihat suatu arah selain layar komputer atau handphone, minimal selama 20 detik. Ini akan membantu meredakan pembengkakan di sekitar mata.

Merasa lelah sepanjang hari merupakan tanda diabetes
Kecapekan. (Pixabay)

4. Makanan asin

Last but not least, alasan mengapa mata terlihat lelah meskipun sering tidur adalah konsumsi makanan asin berlebihan. Makan makanan yang mengandung garam bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengurangi asupan garam ataupun memakai masker kopi untuk meredakan pembengkakan.

Baca Juga: Hati-hati ya, 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Mata

Jadi, mulai sekarang jangan bingung lagi kalau mata terlihat lelah meski sudah cukup tidur. Ada beberapa alternatif solusi yang bisa kamu coba, kan? 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI