7 Manfaat Sayur Rebung, Tunas Bambu Kaya Nutrisi

Walau dibutuhkan trik khusus untuk memasaknya, banyak orang suka menyantap sayur rebung.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 30 Oktober 2023 icon 17:19 WIB
7 Manfaat Sayur Rebung, Tunas Bambu Kaya Nutrisi

Ilustrasi sayur rebung (Pixabay/Yung-pin Pao)

Tunas bambu atau rebung termasuk jenis sayuran yang umum dikonsumsi, termasuk oleh orang Indonesia. Rebung bisa diolah menjadi aneka masakan lezat seperti pangsit, semur, hingga isian lumpia dan makanan lezat lainnya.

Rebung kaya kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, mineral, serat, protein dan zat besi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat sayur rebung untuk kesehatan.

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Baca Juga: Manfaat Sayur Kale, Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Tingginya kandungan serat pada rebung bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penumpukan kolesterol bisa dicegah sehingga memperlancar aliran darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Ilustrasi sayur rebung (Pixabay/May_hokkaido)
Ilustrasi sayur rebung (Pixabay/May_hokkaido)

2. Meningkatkan imunitas

Mengandung antioksidan dan protein, rebung juga bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan bisa membantu mencegah peradangan dan infeksi bakteri.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Taoge, Ternyata Bagus untuk Perawatan Rambut

3. Menurunkan risiko penyakit kanker

Kandungan antioksidan pada rebung juga membantu menekan risiko penyakit kanker. Rebung mengandung lignan dan fitosterol yang membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

4. Menjaga berat badan tubuh tetap ideal

Rebung termasuk sayuran yang cocok dikonsumsi saat diet. Rendah kalori dan lemak, makan rebung bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap ideal.

5. Mengatasi masalah haid

Siklus haid yang tidak teratur juga bisa coba diatasi dengan mengonsumsi olahan rebung. Rebung juga bisa mengurangi nyeri persalinan dan bahaya kehilangan darah saat melahirkan.

6. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular mencakup serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Kandungan serat, protein, kalium, dan antioksidan baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular lainnya. 

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

Manfaat sayur rebung lainnya adalah menjaga kesehatan kulit. Ini berkat kandungan vitamin E dan vitamin C yang bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI