Manfaat Sayur Kale, Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Apa saja manfaat sayur kale yang dikenal bagus untuk dikonsumsi saat diet ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 18 Oktober 2023 icon 14:25 WIB
Manfaat Sayur Kale, Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Sayur kale (Pixabay/Leopictures)

Pernahkah coba makan kale? Sayuran berwarna hijau tua ini memiliki banyak manfaat kesehatan tidak kalah dengan bahan makan lainnya.

Merangkum berbagai sumber, kale disebut-sebut sebagai raja sayuran. Punya nama latin Brassica oleracea acephala, berikut manfaat sayur kale untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Sakura untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencerahkan Wajah

Kale kaya kandungan zat pelindung kanker seperti sulforaphane dan indole-3-carbinol. Sayuran hijau ini juga tinggi serat yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit kanker kolorektal.

Sayur kale (Pixabay/kruszyzna0)
Sayur kale (Pixabay/kruszyzna0)

Menjaga kesehatan tulang

Kale mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Secangkir kale disebut menyediakan hampir lima kali kebutuhan harian orang dewasa, yakni 15-18 persen kalsium dan 7 persen kebutuhan fosfor harian.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Taoge, Ternyata Bagus untuk Perawatan Rambut

Mencegah penyakit jantung

Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam kale baik untuk kesehatan jantung. Salah satunya potasium yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Baik untuk perawatan kulit dan rambut

Kale kaya beta-karoten dan vitamin A yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh seperti kulit dan rambut. Ada pula vitamin C yang baik untuk merangsang produksi kolagen dan protein yang dibutuhkan tubuh.

Kesehatan mata

Kandungan beta-karoten, seng, vitamin C dan vitamin E pada sayur kale bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kale juga mengandung dua fitonutrien, yakni lutein dan zeaxanthin yang meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kale tinggi kandungan vitamin C, selenium, vitamin E dan beta-karoten yang semuanya berperan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu bisa memasukkan sayur kale dalam menu dietmu. Sayuran ini rendah kalori, tapi mengandung kadar air yang tinggi. Kale juga punya kepadatan energi rendah yang mana dapat mendukung penurunan berat badan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI