Viral Mukbang Hahu Hoheng, Ini Bahaya Fatal yang Harus Diwaspadai

Apa saja bahaya mengonsumsi makanan panas seperti mukbang hahu hoheng yang sedang viral?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Desember 2023 icon 07:00 WIB
Viral Mukbang Hahu Hoheng, Ini Bahaya Fatal yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi sajian tahu goreng (Freepik/topntp26)

Mukbang hahu hoheng yang sebelumnya dipopulerkan warganet Tiongkok belakangan mulai menjadi tren di Indonesia. Banyak orang yang ingin mencoba cara makanan yang terbilang ekstrem tersebut.

Hahu hoheng adalah sebutan untuk tahu yang diiris tipis dan digoreng, lalu dimakan dengan bubuk cabaik begitu tahu diangkat dari penggorengan. Artinya, makanan pedas tersebut dikonsumsi dalam kondisi panas.

Mau coba makan hahu hoheng juga? Sayangnya, ada bahaya kesehatan yang perlu diwaspadai dai tren mukbang hahu hoheng ini.

Baca Juga: CEO WRP Kwik Wan Tien Minta Maaf Soal Viral Cuitan Karyawan yang Tak Dapat Hak Cuti Melahirkan

Banyak dokter yang sudah angkat bicara, salah satunya Nadia Alaydrus. Lewat unggahan TikTok, Dokter Nadia memaparkan berbagai bahaya yang mungkin terjadi.

"Tren makan tahu goreng yang lagi viral banget, yang bener-bener panas-panas langsung cocol bubuk cabai langsung dimakan," ucapnya di awal video.

1. Luka bakar di area lidah dan rongga mulut

Baca Juga: Arti Pick Me Girl yang Viral di Media Sosial, Apa Cuma Aku yang Nggak Tahu?

Konsumsi makanan panas bisa membuat lidah melepuh dan terbakar. Kondisi ini kemudian dapat memicu sariawan dan rasa tidak nyaman di lidah. 

2. Meningkatkan risiko kanker kerongkongan

Mukbang hahu hoheng juga dikatakan meningkatkan risiko kanker kerongkongan atau kanker esofagus. Ini karena suhu terlalu tinggi bisa berefek pada saluran pencernaan bagian atas, yakni area rongga mulut, lalu turun ke kerongkongan yang bisa menyebabkan inflamasi.

"Inflamasi inilah yang bisa memicu terjadinya kanker," tegas sang dokter.

Dokter Nadia juga mengungkapkan, makanan dan minuman bersuhu tinggi berhubungan positif dengan kejadian karsinoma sel scomosa di esofagus di wilayah Cina Barat Laut. 

3. Kerusakan gigi

Baca Juga: Viral Masak Rendang Pakai Paracetamol biar Daging Cepat Empuk, Ketahui Bahayanya

Menyantap makanan terlalu panas seperti mukbang hahu hoheng bisa melemahkan enamel gigi atau lapisan pelindung paling luar gigi. Jika enamel sampai rusak, gigi akan lebih rentan mengalami masalah, seperti gigi berlubang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI