5 Tips Menjaga Kesehatan saat Mudik, Jangan Lupa Minum Vitamin

Berikut beberapa tips mudik yang aman dan sehat untukmu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 April 2024 icon 11:00 WIB
5 Tips Menjaga Kesehatan saat Mudik, Jangan Lupa Minum Vitamin

Ilustrasi wanita mengemudi. (Unsplash/Maxwell Ridgeway)

Menjelang perayaan Idul Fitri, banyak orang mulai melakukan persiapan mudik Lebaran. Persiapan untuk menempuh perjalanan yang panjang memang sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari.

Berdasarkan Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang, melonjak dari sebelumnya sebanyak 123,8 juta orang. Hal ini tentu berpotensi meningkatkan volume kendaraan pada jalur mudik yang menyebabkan kemacetan.

Akibatnya, perjalanan jauh yang ditempuh selama mudik akan menimbulkan kelelahan pada tubuh. Itulah mengapa banyak hal yang perlu disiapkan agar tubuh tetap fit.

Baca Juga: Bingung Mau Kasih THR Seberapa Banyak untuk Keponakan? Ini Rekomendasinya

Head of Pharmacy Operation Wellings Indonesia apt. Tri Ayu Apriyani, S.Farm., MBA, memaparkan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan agar tubuh terjaga dan tetap sehat selama perjalanan mudik, antara lain:

Ilustrasi situasi kemacetan saat mudik Lebaran. (Freepik/rawpixel.com)
Ilustrasi situasi kemacetan saat mudik Lebaran. (Freepik/rawpixel.com)

1. Jangan Pergi Mudik setelah Sahur

Kalau mudik pakai kendaraan pribadi, rencanakan semuanya dengan baik, mulai dari cek kondisi kendaraan, memastikan rute perjalanan yang akan dilewati, dan menentukan barang-barang yang bakal dibawa. Selain itu, sebaiknya hindari perjalanan mudik sehabis sahur karena tubuh masih terasa lelah dan mengantuk.

Baca Juga: 5 Ide Hampers Lebaran Unik, Isinya Boleh Skincare dan Produk Berfaedah Lainnya

2. Istirahat dan Lakukan Peregangan Tubuh

Kalau merasa lelah dan memang harus tidur, wajib istirahat di rest area. Lakukan peregangan tubuh untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh kembali segar. Waktu istirahat yang ideal minimal 15 menit setelah berkendara 4 jam.

"Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi sehat, dan sehari sebelum mudik harus tidur dengan waktu yang optimal agar tubuh terasa lebih segar dan siap menghadapi perjalanan mudik. Hindari konsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum mengemudi,” ucap Ayu.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pastikan makanan yang dibawa selama perjalanan adalah asupan sehat dan bergizi yang juga bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh, seperti protein bar, buah-buahan, atau roti gandum. Jangan lupa bawa persediaan air mineral yang cukup supaya tidak dehidrasi.

"Jika berpuasa selama perjalanan, maka buka puasa dengan minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jangan terlalu banyak konsumsi fast food dan makanan berlemak tinggi karena berpotensi mengganggu kesehatan tubuh dan menurunkan sistem imun tubuh. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tetap terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," terang Ayu.

4. Kelola Stres Selama

Kepadatan lalu lintas saat mudik bisa berdampak pada kesehatan mental, seperti meningkatkan kecemasan, stres, kelelahan, sakit kepala hingga gangguan tidur. Kelola stres dengan relaksasi seperti bernapas dalam-dalam, atur tempat duduk agar lebih nyaman, dan berkomunikasi dengan keluarga untuk mencari distraksi.

5. Konsumsi Vitamin dan Membawa Obat-obatan Pribadi

Baca Juga: 30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Konsumsi vitamin atau suplemen juga sangat disarankan. Jika punya riwayat penyakit tertentu, penting untuk selalu membawa obat-obatan pribadi dan dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI