Kenali Gejala Masalah Kesehatan Mental dan Bahaya Self-diagnosis

Samantha Elsener, mengungkapkan bahwa gangguan kesehatan mental memiliki spektrum yang sangat luas.

By: Risna Halidi icon Senin, 06 Mei 2024 icon 13:15 WIB
Kenali Gejala Masalah Kesehatan Mental dan Bahaya Self-diagnosis

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)

BeautyFest Asia 2024 (BFA) telah sukses digelar pada 3 hingga 5 Mei 2024 lalu. Diselenggarakan di Jakarta, acara tersebut tidak hanya menghadirkan sorotan menarik dalam dunia kecantikan, tapi juga pentingnya menjaga kesehatan mental.

Salah satunya talkshow BFA yang memberikan wawasan mendalam tentang gejala gangguan kesehatan mental dan pentingnya untuk tidak melakukan self diagnosis atau diagnosis mandiri.

Stres karena sering lupa. (Pexels)
Ilustrasi: stres. (Pexels)

Menurut Yovania Asyifa Jami, Founder Pasti.id sekaligus seorang pejuang Bipolar Disorder, orang dapat mengenali gejala gangguan mental secara umum dari perubahan-perubahan yang tidak masuk akal dan mengarah pada hal-hal merugikan.

Baca Juga: Habis Libur Lebaran Malas Kerja? Waspadai Post Holiday Syndrome

Misalnya, seseorang mengalami perubahan pola makan yang menjadi berlebihan atau sebaliknya, serta mengalami perubahan pola tidur seperti insomnia atau keinginan tidur terus tanpa motivasi untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain itu, perubahan sosial seperti menutup diri dari lingkungan sekitar juga menjadi tanda yang patut diwaspadai. Gejala lainnya mencakup kecemasan berlebihan, overthinking, over productivity, hingga lupa melakukan hal-hal kecil seperti merawat diri.

Sementara itu, seorang psikolog dan penulis buku, Samantha Elsener, mengungkapkan bahwa gangguan kesehatan mental memiliki spektrum yang sangat luas. Spektrum ini mencakup masalah gangguan sosial, komunikasi, dan bahasa seperti pada Autism Spectrum Disorder, serta gangguan mood seperti depresi dan stres.

Baca Juga: 5 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online, Bisa Langsung Klik!

Selain itu, gangguan kesehatan mental juga bisa meliputi gangguan belajar, seksual, dan bahkan skizofrenia dengan gejala halusinasi atau delusi. Lebih lanjut, Samantha menekankan bahwa gangguan kesehatan mental juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan kehidupan seseorang.

Talkshow di BeautyFest Asia (Dewiku/Zefanya Aurell Nathalie)
Talkshow di BeautyFest Asia (Dewiku/Zefanya Aurell Nathalie)

"Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang konteks individu diperlukan dalam mengidentifikasi serta mengatasi gangguan kesehatan mental," kata Samantha, ditulis Dewiku, Senin (6/5/2024).

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, informasi tentang kesehatan mental menjadi lebih mudah diakses. Namun, kata Samantha, penting untuk diingat bahwa mencari informasi tidak sama dengan mendiagnosis diri sendiri.

"Self diagnose dapat berisiko mengarah pada kesimpulan yang tidak akurat dan berpotensi merugikan diri sendiri," katanya lebih lanjut.

Oleh karena itu, penting untuk mencari bantuan dari profesional untuk mendapatkan evaluasi yang akurat, dan jika diperlukan, melakukan tes lebih lanjut seperti psikotes atau asesmen.

Meskipun penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, Samantha mengingatkan bagaimana kita harus tetap waspada terhadap bahaya self diagnosis.

"Mengenali gejala adalah langkah awal yang baik, namun langkah berikutnya adalah mencari bantuan dari ahli yang berkualifikasi untuk diagnosis dan perawatan yang tepat," pungkasnya.

Baca Juga: Apa Itu Erotomania? Pahami Berbagai Pemicu dan Gejalanya

(Zefanya Aurell Nathalie)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI