Dukung UMKM di Era Digital, Ini 4 Peran Penting Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman turut mendorong pertumbuhan UMKM di era digital.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 15 Februari 2024 icon 16:45 WIB
Dukung UMKM di Era Digital, Ini 4 Peran Penting Jasa Pengiriman

Ilustrasi kurir antar paket. (Pexels/Pavel Danilyuk)

Era digital adalah angin segar bagi geliat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini didukung meningkatnya minat masyarakat menjadi entrepreneur dan antusiasme publik terhadap brand lokal.

Dalam perkembangannya, UMKM tentu memiliki banyak tantangan yang mesti dihadapi. Tidak cuma dari segi produksi, tetapi juga pemasaran. 

Banyak pelaku UMKM yang mengeluhkan keterbatasan modal, kurangnya wawasan terkait pengembangan produk dan bisnis, hingga adanya persaingan ketat dengan produk-produk dari perusahaan besar.

Baca Juga: Social Commerce Penting untuk Usaha Kecil Menengah, Ini Alasannya

Ilustrasi perempuan yang hobi belanja online (Freepik/benzoix)
Ilustrasi perempuan yang hobi belanja online (Freepik/benzoix)

Pengiriman barang ke luar daerah juga bisa menjadi kendala bagi UMKM. Tingginya biaya dan proses pengiriman yang lama bisa menjadi hambatan bagi UMKM untuk menjangkau pelanggan di luar daerah. Ada pula kendala berupa terbatasnya akses teknologi yang memadai untuk memasarkan produk secara online

Di tengah kendala tersebut, peran jasa pengiriman layak disorot. Sadar akan peran pentingnya dalam menggenjot kemajuan UMKM, perusahaan jasa pengiriman pun terus berinovasi dan berinisiatif. Inilah sejumlah inovasi dan inisiatif dari perusahaan jasa pengiriman yang penting bagi UMKM.

1. Layanan Pengiriman yang terjangkau dan efisien

Baca Juga: 28 Produk Kecantikan Favorit Masyarakat Indonesia, Brand Lokal Berjaya di Tahun 2023

Layanan pengiriman yang sebelumnya terbatas pada reguler dan express, kini merambah ke layanan same-day delivery, next-day delivery, hingga layanan khusus untuk produk-produk tertentu seperti makanan dan minuman.

2. Integrasi dengan platform e-commerce

Banyak jasa pengiriman yang telah berintegrasi dengan platform e-commerce guna memudahkan UMKM memasarkan produk secara daring dan lebih mudah mengelola pesanan. Salah satunya J&T Express yang punya tiga jenis layanan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket dari seller kepada konsumen, yakni Eco (ekonomis), EZ (reguler), J&T Super (express).

3. Solusi logistik yang dikustomisasi

Contohnya adalah layanan penyimpanan barang dan pengemasan produk. Solusi ini membantu UMKM untuk mengelola stok barang dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

4. Program Pemberdayaan UMKM

Semakin banyak perusahaan jasa pengiriman yang juga aktif dalam program pemberdayaan UMKM. Sejak 2018, J&T Express sendiri telah mengadakan kegiatan yang aktif mengangkat potensi produk lokal untuk tingkat mahasiswa, seperti mengadakan seminar entrepreneurship dengan mengadakan roadshow ke berbagai kota.

Baca Juga: Viral Jaket Bomber Ganjar Pranowo saat Debat Capres, Ternyata Produk Lokal

J&T Express juga cukup aktif dalam mendukung UMKM. Salah satunya adalah program pemberdayaan Deliver Possibilities untuk para disabilitas preneur. Inisiatif yang didukung Kemenkop UKM RI ini dijalankan pada 2023 lalu bersama komunitas pemberdayaan penyandang disabilitas, Menembus Batas. Program ini memberikan kesempatan bagi wirausaha disabilitas untuk bersaing di pasar yang lebih luas di era digital.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI