Perbedaan Wasabi Asli dan Imitasi, Penggemar Sushi Harus Tahu

Bagaimana cara membedakan wasabi asli dan imitasi? Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 12:36 WIB
Perbedaan Wasabi Asli dan Imitasi, Penggemar Sushi Harus Tahu

Ilustrasi sajian wasabi (Pixabay/Ulrike Mai)

Penggemar sushi dan makanan Jepang lainnya tentunya sudah familiar dengan wasabi. Ini adalah salah satu pelengkap hidangan paling terkenal dalam masakan jepang.

Hanya saja, rupanya banyak wasabi yang beredar di pasaran saat ini adalah palsu atau imitasi. Memangnya, apa perbedaan wasahi asli dan imitasi?

Melansir bokssu, wasabi adalah sejenis lobak Jepang. Walau banyak dikenal dalam bentuk pasta, wasabi sebenarnya berasal dari parutan akar rimpang tanaman asli Jepang.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa Sushi Favoritmu? Temukan Maknanya di Sini

Sajian aneka sushi (Pixabay/Design n Print)
Sajian aneka sushi (Pixabay/Design n Print)

Wasabi memiliki beberapa nama lain, seperti wasabia japonica dan eutrema wasabi. Tanaman ini sangat sulit tumbuh karena membutuhkan kondisi khusus, mencakup naungan cahaya yang cukup, tanah yang selalu lembap tetapi tak basah, hingga kelembapan musim panas yang tinggi tetapi tidak terlalu banyak.

Meski begitu, wasabi adalah salah satu tanaman paling menguntungkan di dunia. Ini karena akar wasabi cukup sulit untuk tumbuh dengan baik dan lebih sulit lagi untuk menanamnya dalam skala komersial.

Itulah mengapa tak mengherankan jika sebagian besar wasabi yang dimakan orang-orang sudah tidak otentik. Itu adalah campuran lobak tua biasa yang dihaluskan dan dicampur dengan mustard pedas, pemanis, dan pewarna makanan hijau. 

Baca Juga: Makan Sushi di Depan Istri Hamil, Pria ini Dikecam Netizen

Bagaimana cara membedakan wasabi asli dan palsu? Pertama, jika pasta wasabi benar-benar halus, kemungkinan besar itu palsu. Sebab, tanaman wasabi diparut untuk menghasilkan wasabi Jepang, bukan diblender. Rasa wasabi imitasi juga sangat kuat sehingga mengalahkan rasa lembut sashimi atau sushi.

Wasabi asli memiliki rasa yang lebih lembut, bahkan sebenarnya malah tidak pedas. Ini lebih merupakan aroma rempah daripada rasa pedas yang biasa kita rasakan.

Sensasi pedas saat makan wasabi Ini sebenarnya adalah reaksi tubuh terhadap bahan kimia yang ada di tanaman wasabi. Mirip mustard, wasabi segar mengandung senyawa kimia bernama allyl isothiocyanate yang merangsang reseptor saraf di mulut dan lidah. Uap mengalir melalui mulut dan masuk ke rongga hidung sehingga memicu rasa terbakar yang familiar di sinus.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI