5 Makanan Ini Ternyata Mengandung Sianida, Almond hingga Singkong

Ada beberapa bahan makanan yang ternyata secara alami memiliki kandungan sianida.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 12:42 WIB
5 Makanan Ini Ternyata Mengandung Sianida, Almond hingga Singkong

Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso belakangan jadi sorotan publik. Banyak orang kembali membicarakan racun sianida yang menjadi kunci kasus tersebut.

Ternyata racun sianida yang mematikan ini juga diproduksi alami dalam makanan. Tahukah kamu apa saja makanan yang mengandung racun sianida?

Jika kamu salah dalam mengolah makanan mengandung sianida, racun ini ada kemungkinan akan bereaksi dan menimbulkan masalah pada tubuhmu.

Baca Juga: Resep Nugget Tempe, Enaknya Cocok untuk Vegetarian

Makanan Mengandung Racun Sianida Alami

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang mengandung racun sianida.

Ilustrasi sajian singkong rebus (Pixabay/Kavinda F)
Ilustrasi sajian singkong rebus (Pixabay/Kavinda F)

Biji Apel

Baca Juga: Resep Ayam Teriyaki ala Restoran Jepang, Enak dan Praktis

Seperti yang disebutkan dalam Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, biji apel diketahui mengandung sianida. Biji apel punya zat bernama amigladin yang akan melepas sianida jika bertemu dengan enzim pencernaan.

Walau begitu, kamu tak perlu ketakutan saat makan apel. Butuh 200 biji apel supaya bisa menghasilkan racun sianida yang dapat mematikan sel-sel tubuh.

Kacang Almond

Kamu harus waspada dengan kacang almond yang rasanya pahit. Ini karena kacang tersebut mengandung sianida dalam jumlah tinggi.

Guna meminimalisir risiko terpapar sianida tinggi, olah kacang almond dengan benar. Pastikan kamu memilih kacang almond dengan rasa manis.

Ceri Hitam

Mulai dari biji, daun layu hingga ranting dan kayu pohon, ceri hitam mengandung amygdalin yang dapat berubah menjadi sianida. Walau begitu, daging buah ceri hitam masih aman dikonsumsi.

Persik dan Aprikot

Buah persik dan aprikot mengandung senyawa glikosida sianogenik. Meskipun enak, jangan memakan buah ini terlalu banyak agar tubuh tidak berujung keracunan sianida.

Singkong

Kulit singkong juga mengandung sianida. Singkong mengandung senyawa glikosida sianogenik yang melepaskan racun sianida.

Pastikan kamu mengolah singkong dengan benar. Kupas kulitnya sampai bersih karena bagian itu memiliki kandungan sianida paling tinggi.

Baca Juga: Ketahui Efek Makan Kentang Setiap Hari, Bisa Bahaya jika Cara Masaknya Salah

Itulah beberapa makanan yang mengandung racun sianida alami. Meski begitu, bukan berarti kamu sama sekali tidak boleh memakannya. Hanya saja, jangan berlebihan dan mengolahnya dengan cara yang tepat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI