Mau Liburan ke Luar Negeri Bareng Anak? Perhatikan 3 Hal Ini

Orang tua harus memperhatikan setidaknya beberapa hal di bawah ini jika mengajak anak liburan ke luar negeri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Desember 2023 icon 18:30 WIB
Mau Liburan ke Luar Negeri Bareng Anak? Perhatikan 3 Hal Ini

Liburan bersama keluarga (Pexels/Pixabay)

Liburan ke luar negeri bersama keluarga tersayang memang menyenangkan. Meski begitu, perlu juga memerhatikan beberapa hal jika berencana untuk mengajak anak-anak berlibur ke luar negeri.

Umumnya, orang tua kadang terlupa kalau iklim di luar negeri berbeda dengan Indonesia. Akibatnya, anak kerap alami masalah atau sakit saat liburan.

Dokter Spesialis anak, dr. Caessar Pronocitro Sp.A, mengungkapkan, hal tersebut terjadi karena anak kecil belum memiliki kemampuan yang cukup untuk beradaptasi. Saat pergi ke suatu tempat dengan iklim berbeda, tubuhnya akan kaget.

Baca Juga: Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

"Kalau untuk si kecil, pasti dia memiliki kemampuan adaptasi yang belum seperti orang dewasa. Jadi mudah kaget dengan iklim yang terlalu dingin atau terlalu panas dari iklim biasanya," ungkap dr. Caessar, dilansir dari Suara.com.

Oleh karenanya, ada berbagai hal yang harus diperhatikan saat mengajak anak pergi ke luar negeri. Berikut rinciannya.

Liburan bersama keluarga (Pexels/Ron Lach)
Liburan bersama keluarga (Pexels/Ron Lach)

1. Cari tahu iklim negara tujuan

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Beruntung saat Liburan Akhir Tahun 2023, Ada yang Naik Gaji!

Hal ini penting agar orang tua dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan anak, termasuk pakaian.

"Misalnya mau ke tempat yang bersuhu dingin atau salju, maka harus siapkan pakaian-pakaian yang lebih tebal untuk si kecil," jelas sang dokter. jelasnya.

2. Membawa termometer

Orang tua juga perlu selalu memantau kondisi anak saat berlibur ke luar negeri. Sediakan untuk memeriksa suhu tubuh anak. Jadi, orang tua bisa tahu apakah si anak alami kedinginan atau kepanasan.

"Penting juga untuk selalu memantau kondisi dari si kecil, misalnya dari suhu tubuhnya. Jadi jangan lupa untuk membawa termometer juga. Siapa tahu si kecil kedinginan atau misalnya sebaliknya, kepanasan. Maka, kita jaga dan kita awasi dengan termometer."

3. Pantau kondisi anak

Jangan sampai kecolongan. Misalnya, jika anak kelelahan atau dehidrasi, orang tua harus bisa segera mengetahuinya.

Jika pergi ke negara iklim dingin, anak rentan kedinginan. Jika itu yang terjadi, orang tua disarankan untuk membawa anak masuk ruangan dan menghangatkan tubuhnya.

Baca Juga: Cara Mencegah Kulit Kusam saat Liburan, Dokter Sarankan Perawatan Injeksi

"Jika mereka mulai terlihat kelelahan atau kepanasan atau tidak seperti biasanya, maka jangan-jangan si kecil sudah terpengaruh dari suhu-suhu yang tidak sesuai dengan suhu biasanya dialami di negara kita. Jadi kalau misalnya si kecil mengalami perubahan seperti itu maka kita harus bawa ke dalam ruangan dan hangatkan kalau misalnya dia kedinginan," papar dr. Caessar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI