4 Bahaya Backburner Relationship, Bisa Memicu Stres dan Trauma

Apa itu backburner relationship? Berikut beberapa dampak negatif bagi mereka yang menjalaninya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 11 November 2023 icon 14:00 WIB
4 Bahaya Backburner Relationship, Bisa Memicu Stres dan Trauma

Pasangan bertengkar. (Unsplash/Henri Pham)

Semua orang tentu ingin mendapatkan kebahagiaan dari hubungan asmara yang dijalani. Namun, bagaimana jika hubungan tersebut ternyata hanya backburner relationship?

Ini adalah kondisi di mana hubungan yang dijalani bukanlah prioritas utama karena ada hubungan lain yang dianggap lebih layak diperjuangkan. Contohnya, kamu sudah menjalin hubungan dengan seseorang, tetapi pada waktu bersamaan juga berhubungan dengan orang lain.

Hubungan dengan orang kedua biasanya dianggap sebagai backburner relationship dan hanya akan naik statusnya jika hubungan dengan orang pertama gagal.

Baca Juga: 9 Tips Menghadapi Pacar Posesif, Kuncinya Mau Saling Kompromi

Backburner relationship memang mirip dengan kasus perselingkuhan. Lalu, apa saja dampak negatifnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)
Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)

1. Merusak Kepercayaan

Tipe hubungan ini bisa merusak kepercayaan dalam hubungan, baik dengan pasangan utama maupun pasangan cadangan. Pasangan utama bakal merasa dikhianati, sedangkan pasangan cadangan akan merasa dimanfaatkan karena hanya dicari saat hubungan utama bermasalah.

Baca Juga: Siapa Bilang Perempuan Tak Boleh Pendekatan Duluan? Simak 6 Tips Ini

2. Memicu Stres

Tak mudah menjadi pasangan cadangan. Kamu mungkin terus mempertanyakan apa yang kurang dalam dirimu sehingga tidak layak menjadi prioritas utama.

Orang lain mungkin juga memberikan pandangan negatif. Jika terus dibiarkan, backburner relationship hanya akan memicu stres, kecemasan, hingga depresi.

3. Memicu Trauma

Backburner relationship juga bisa memberikan sederet pengalaman buruk yang memicu trauma. Pasalnya, bakal banyak konflik yang terjadi antara kamu selaku pasangan cadangan dengan pasangan utama.

Hubungan jenis ini juga sulit bertahan dalam waktu yang lama. Saat sudah menjadi pasangan utama, kamu mungkin khawatir mendapat perlakuan sama, yakni pasangan diam-diam mencari cadangan lainnya.

4. Kehilangan kesempatan bertemu orang yang lebih baik

Baca Juga: Hubungan Asmara Belum Dapat Restu Orangtua? Lakukan 8 Langkah Ini

Orang yang menjadikan kamu backburner akan selalu berusaha menahanmu tetap di sisinya dengan segala cara. Ini membuatnya kesulitan untuk mencari pasangan baru dan terperangkap dalam hubungan yang salah. Padahal, kamu berhak bahagia dan menjadi prioritas dalam hubungan yang lebih sehat.

BERITA TERKAIT