5 Manfaat Sayur Kangkung, Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Anak

Sayur kangkung memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk anak-anak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 11 Oktober 2023 icon 16:57 WIB
5 Manfaat Sayur Kangkung, Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Anak

Ilustrasi tumis kangkung (Unsplash/R Eris Prayatama)

Kangkung termasuk sayuran yang gampang didapatkan dan mudah diolah menjadi beragam masakan. Sayuran hijau ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk anak-anak.

Kangkung kaya nutrisi yang penting untuk kesehatan, termasuk kalsium, karbohidrat, serat, protein, dan zinc. Lalu, apa saja manfaat sayur kangkung untuk kesehatan anak? Dirangkum dari Klikdokter, berikut beberapa di antaranya.

Menjaga daya tahan tubuh

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Konsumsi kangkung baik untuk menjaga imunitas si kecil. Ini berkat kandungan betakaroten sebagai antioksidan, begitu pula dengan kandungan vitamin dan mineral.

Ilustrasi sayur kangkung (Freepik/topntp26)
Ilustrasi sayur kangkung (Freepik/topntp26)

Meningkatkan kualitas otak anak

Makan kangkung juga bermanfaat untuk kesehatan otak anak. Sayuran ini mengandung asam lemak omega 4 dan vitamin B kompleks yang diyakini membantu meningkatkan kinerja otak.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Baik untuk sistem pencernaan

Dalam 100 gram kangkung, setidaknya ada 2 gram serat. Inilah mengapa salah satu manfaat sayur kangkung adalah menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi kangkung bisa menghindarkan si kecil dari masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Menjaga kesehatan mata

Kangkung mengandung betakaroten yang cukup tinggi. Disebutkan bahwa dalam 100 gram kangkung, terdapat sekitar 2.868 mcg betakaroten. Betakaroten sendiri adalah senyawa alami yang menjadi bentuk awal vitamin A. Seperti yang selama ini diketahui, asupan vitamin A bagus untuk kesehatan mata.

Mencegah dehidrasi

Kangkung mengandung kalium dan natrium yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan serta kadar elektrolit. Inilah mengapa konsumsi kangkung bisa mengurangi risiko si kecil mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Itulah beberapa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan anak. Jangan ragu untuk memasukkan sayuran ini dalam menu makanan sehari-hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI