7 Perbedaan Beras Asli dan Sintetis, Cek Aroma hingga Warnanya

Bagaimana cara membedakan beras asli dan sintetis? Ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 11 Oktober 2023 icon 12:45 WIB
7 Perbedaan Beras Asli dan Sintetis, Cek Aroma hingga Warnanya

Ilustrasi beras. (Pixabay/moritz320)

Belum lama ini, warga Medah dihebohkan dengan peredaran beras sintetis. Seorang warga setelah mencurigai beras yang dibelinya adalah sintetis lantaran bau plastiknya yang kuat.

Bagaimana cara membedakan beras asli dan plastik? Dirangkum dari Suara.com, inilah beberapa perbedaan berat asli dan sintetis.

Aroma beras

Baca Juga: Dukung Upaya Perbaikan Gizi, M-Tani Kembangkan Beras Fortifikasi

Beras asli biasanya punya aroma khas dan segar, agak berbau padi, dan tak terlalu apek. Sementara itu, beras plastik cenderung punya aroma kimia atau tak alami. Beras plastik juga lebih wangi tapi aneh karena ada tambahan pewangi.

Ilustrasi beras. (Pixabay/white kim)
Ilustrasi beras. (Pixabay/white kim)

Perhatikan warna dan kilap beras

Beras asli biasanya mempunyai warna alami yang sedikit transparan dan tak terlalu mengkilap. Sementara, warna beras plastik cenderung terlalu putih dan punya kilap yang berlebihan.

Baca Juga: Harus Pakai Masker, 4 Tips Aman Belanja Makanan di Tengah Pandemi

Kamu juga bisa melihat bagian tengah butiran beras. Pada beras asli, umumnya terdapat warna putih kecil, sedangkan beras plastik warnanya putih bersih dan bening.

Periksa kadar air

Kadar air beras asli biasanya lebih rendah dibandingkan beras sintetis atau plastik. Tingginya kadar air dapat membuat beras cepat basi dan berjamur.

Kamu juga bisa mengecek dengan cara merendam beras tersebut. Pada beras asli, air rendaman bakal berubah menjadi lebih putih. Namun, air rendaman beras plastik tampak tidak menyatu dan tak akan berubah warna.

Perhatikan bagian kemasan dan label

Produk beras berkualitas biasanya dijual dengan kemasan layak dan label yang jelas. Label harus mencantumkan informasi penting seperti nama produsen, jenis beras, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, nomor izin edar, dan logo halal.

Oleh karenanya, jika kemasan atau label beras terlihat buruk, tidak jelas, atau mencurigakan, lebih baik tidak usah dibeli.

Kunyah beras

Saat dikunyah, beras asli akan terasa memiliki tekstur keras dan kering, sedangkan beras plastik bakal lebih lembut dan licin. 

Rasa beras asli juga cenderung manis karena glukosa karbohidrat dalam beras terurai sempurna, sementara beras plastik rasanya lebih tawar dan hambar.

Bakar beras

Beras asli mestinya tak akan terbakar jika terkena api dan tetap mengeluarkan aroma wangi beras. Sementara, beras plastik akan dengan cepat terbakar jika dikenai api dan mengeluarkan aroma sangit atau bau kimia.

Masak

Baca Juga: Bantu Mencerahkan Kulit, Tutorial Simpel Membuat Body Lotion Berbahan Beras

Saat memasak beras asli, kamu akan melihatnya mengembang dan menjadi pulen, sementara beras plastik malah bisa menyusut dan menjadi keras. Selain itu, beras asli akan menempel satu sama lain saat dimasak, sedangkan beras plastik terpisah-pisah.

BERITA TERKAIT