Penyebab Gangguan Mental pada Remaja, Dewasa Muda, dan Orang Tua, Ini Bedanya

Faktor apa yang biasanya menjadi penyebab gangguan mental pada remaja, dewasa muda, dan orang tua?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 16 Oktober 2023 icon 18:09 WIB
Penyebab Gangguan Mental pada Remaja, Dewasa Muda, dan Orang Tua, Ini Bedanya

ilustrasi wanita sedih. (Pexels/Kat Jayne)

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mental. Penyebabnya juga dapat berbeda-beda tergantung usia.

Perlu dipahami bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Gangguan mental juga bisa dialami siapa saja mulai dari usia anak hingga dewasa.

"Gejala ataupun gangguan kesehatan mental dapat terjadi di berbagai kalangan dengan beberapa faktor, misalnya yang umum dialami seperti perasaan tertekan, cemas hingga tegang yang membuat seseorang menjadi stres dan menuntut tubuh mereka untuk melakukan penyesuaian," ujar dr. Monica C. Dewi, Medical Manager Halodoc, lewat siaran pers.

Baca Juga: Mengenal Butterfly Hug, Memeluk Diri Sendiri demi Kesehatan Mental

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

Saat gejala yang ada mulai mengganggu produktivitas, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan tenaga medis profesional seperti psikolog atau psikiater guna mendapatkan penanganan yang tepat. Konsultasi dengan ahli juga diperlukan untuk menghindari self-diagnose yang malah dapat membahayakan diri sendiri.

Faktor penyebab seseorang alami mental disebut bisa sangat bervariatif berdasarkan usia. Berikut faktor risiko yang dapat menimpa setiap orang dilihat dari usianya.

Remaja

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan Mental ketika Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

Rata-rata remaja bisa mengalami stres dan kecemasan berlebih yang dipicu pola asuh orang tua yang keras dan pernah mengalami perundungan.

Dewasa muda

Orang-orang di usia muda bisa mengalami depresi, rasa cemas, dan diikuti dengan serangan panik serta sulit tidur. Gejala-gejala ini cenderung banyak dialami wanita ketimbang pria. Perasaan stres yang muncul umumnya karena berbagai masalah seperti karir dan keuangan.

Orang tua

Para ibu maupun orang tua berisiko mengalami postpartum depression dan merasa bingung atau resah mengenai tumbuh kembang anak. Orang tua juga biasanya mungkin mengalami stres karena tuntutan socio-economic.

"Edukasi gejala kesehatan mental dan pentingnya deteksi dini menjadi penting dilakukan, sebab diagnosis dan penanganan secara dini oleh ahlinya seperti psikolog atau psikiater, dapat membantu pengguna mengatasi permasalahannya dengan cepat," tutur dr. Monica.

Baca Juga: Optimis dan Mencintai Diri Sendiri, Ini 10 Ciri Perempuan Bermental Baja

Dijelaskan pula bahwa langkah cepat itu juga bertujuan agar seseorang terhindar dari risiko gangguan kesehatan mental yang lebih serius dan berbahaya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI