8 Tips Liburan untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Berangkat Piknik

Supaya lebih tenang dan nyaman, berikut beberapa tips liburan untuk ibu hamil.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Desember 2023 icon 12:31 WIB
8 Tips Liburan untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Berangkat Piknik

Ilustrasi ibu hamil pergi liburan. (Freepik/senivpetro)

Banyak orang telah menunggu momen liburan akhir tahun, tak terkecuali ibu hamil. Namun, ada berbagai hal yang harus diperhatikan jika ingin berlibur di masa kehamilan.

"Pertama, runtuk memastikan keselamatan ibu hamil dan bayi, Super Air Jet memperbolehkan ibu hamil untuk terbang hingga usia kehamilan maksimum 35 minggu," kata Direktur Utama SUPER AIR JET, Ari Azhari, dilansir dari Suara.com.

Sebelum keberangkatan, wajib menyertakan surat rekomendasi dari dokter yang menyatakan bahwa ibu hamil tersebut dapat bepergian menggunakan pesawat udara. Surat ini harus dikeluarkan maksimum 7 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Baca Juga: 10 Ide Rayakan Tahun Baru Bersama Pasangan, Dijamin Seru dan Romantis

Selain itu, saat melakukan pelaporan di area check-in bandara, ibu hamil diharapkan untuk mengisi surat pernyataan yang disediakan oleh Super Air Jet. Surat ini berisi informasi penting terkait kondisi kesehatan dan kesanggupan ibu hamil untuk melakukan perjalanan udara.

Secara detailnya, berikut beberapa tips lain yang perlu diperhatikan:

1. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Baca Juga: Sukacita Natal, Komunitas Ini Berbagi Kebahagiaan dengan Menggelar Aksi Sosial

Rencanakan perjalanan melalui aplikasi BookCabin, pesan tiket dan dapatkan potongan khusus Rp50 ribu. Tersedia layanan pesan hotel dan check in online.

2. Konsultasikan dengan Dokter sebelum Berangkat

Sangat disarankan untuk mengonsultasikan rencana perjalanan dengan dokter kandungan. Pastikan bahwa perjalanan ini tak akan berbahaya untuk kondisi kesehatan dan tahapan kehamilan.

3. Persiapkan Dokumen Medis yang Diperlukan

Jangan lupa membawa salinan dokumen medis penting seperti catatan kesehatan kehamilan, surat keterangan dari dokter, dan kontak darurat yang bisa dihubungi.

4. Pilih Destinasi yang Ramah Ibu Hamil

Pilih destinasi dengan fasilitas kesehatan memadai dan lingkungan yang nyaman. Super Air Jet menawarkan rute ke destinasi populer yang dapat menjadi referensi perjalanan.

5. Pakaian dan Perlengkapan yang Nyaman

Kenakan busa longgar dan nyaman selama liburan. Pastikan membawa perlengkapan kehamilan yang diperlukan, seperti bantal leher dan alas kaki untuk mengurangi ketidaknyamanan.

6. Hindari Perjalanan Terlalu Jauh

Demi keamanan, hindari perjalanan terlalu jauh, terutama pada trimester akhir kehamilan. Pilih destinasi yang bisa dijangkau dengan waktu perjalanan yang realtif singkat.

7. Pertimbangkan Asuransi Perjalanan Khusus Ibu Hamil

Super Air Jet juga menyarankan ibu hamil untuk mempertimbangkan asuransi perjalanan khusus yang mencakup kehamilan. Ini akan memberikan perlindungan tambahan selama melakukan liburan.

8. Istirahat dan Beristirahat Lebih Sering

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Bernuansa Barbie, Bisa Langsung ke Mal Ini!

Saat liburan, tentu saja jangan lupa beristirahat dan bergerak. Sering-seringlah berdiri, berjalan, atau meregangkan kaki guna menekan risiko pembekuan darah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI