Terlanjur Kalap? 8 Minuman Ini Bantu Turunkan Kolesterol setelah Lebaran

Ada jus jeruk hingga air kelapa, berikut beberapa minuman penurun kolesterol.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 11 April 2024 icon 07:00 WIB
Terlanjur Kalap? 8 Minuman Ini Bantu Turunkan Kolesterol setelah Lebaran

Minuman jus jeruk (Freepik/jcomp)

Euforia perayaan Idul Fitri identik dengan makanan dan minuman yang seringkali berdampak buruk bagi kesehatan. Masalah bisa terjadi melakukan konsumsi berlebihan, salah satu meningkatkan kolesterol.

Penting untuk lebih bijak saat menikmati hidangan Lebaran. Kamu juga mengonsumsi berbagai minuman penurun kolesterol setelah Lebaran. Dirangkum dari Suara.com, berikut daftarnya.

1. Jus jeruk

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Liburan, Harus Bijak Memilih Makanan

Buah jeruk mengandung vitamin C dan flavonoid yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Konsumsi minuman jus jeruk segar dalam pola makan sehari-hari bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Ilustrasi minuman teh hangat (Pixabay/dungthuyvunguyen)
Ilustrasi minuman teh hangat (Pixabay/dungthuyvunguyen)

2. Teh hitam

Teh hitam juga mengandung senyawa flavonoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Konsumsi minuman sehat ini secara teratur bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Cocok Jadi Teman Minum Soju, Bisa Dinikmati saat Rayakan Tahun Baru

3. Teh hijau

Selain teh hitam, teh hijau juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol. Minuman ini mengandung senyawa polifenol yang membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

4. Air kelapa

Kandungan elektrolit dan kalium pada minuman menyegarkan ini juga akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

5. Jus delima

Buah berwarna merah ini mengandung senyawa punicalagin yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

6. Susu almond

Susu almond bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL berkat adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal. Coba gantu susu sapi dengan minuman ini.

7. Teh herbal

Aneka teh herbal seperti kamomil, peppermint, dan rosehip kaya senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Air lemon

Baca Juga: Kolesterol Jahat dalam Tubuh Bisa Dinetralkan dengan Makanan Ini

Konsumsi air lemon untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk kesehatan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI