Atasi Jerawat Pakai Acne Patch, Benarkah Justru Bikin Iritasi?

Ini kata dermatolog terkait penggunaan acne patch untuk mengatasi jerawat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 15 Januari 2024 icon 19:00 WIB
Atasi Jerawat Pakai Acne Patch, Benarkah Justru Bikin Iritasi?

Perempuan dengan kulit wajah berjerawat. (Freepik)

Selain mengoleskan krim atau obat jerawat, belakangan semakin banyak orang yang mengandalkan acne patch untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Ance patch dinilai efektif membantu mengempiskan jerawat yang meradang. Produk kecantikan ini juga bisa ditimpa makeup sehingga dianggap praktis.

Meski begitu, masih ada orang yang khawatir penggunaan acne patch malah membuat jerawat semakin meradang. Apakah memang ada risiko demikian?

Baca Juga: Dermatologis Ungkap 2 Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Kulit Berjerawat

Dermatologis dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV menegaskan bahwa penggunaan acne patch bukan sebuah masalah. Ini karena produk kecantikan ini mengandung hidrokoloid yang baik untuk mengompres jerawat.

"Nggak masalah pakai acne patch karena aku juga suka pakai. Itu sebenarnya yang kita pakai adalah hidrokoloid. Hidrokoloid yang dari patch-nya itu sebenarnya sangat baik untuk dressing. Nah, dressing itu untuk kompres," ungkap sang dokter dalam acara La Roche Posay DermLive Event 2024, Sabtu (13/1/2024), dilansir dari Suara.com.

"Jadi pada saat kondisi acne-nya itu meradang, memakai hidrokoloid itu sangat membantu," imbuhnya.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Cegah Jerawat pada Kulit Berminyak, Begini Caranya

Hanya saja, ada hal yang perlu diwaspadai. Salah satunya, penggabungan dengan bahan lain seperti tea tree dan asam salisilat yang bisa menyebabkan risiko terjadinya iritasi pada jerawat.

"Pada kondisi sekarang, hidrokoloid seringkali di-mix dengan bahan-bahan yang sifatnya untuk acne treatment, contoh misalnya digabungkan dengan tea tree, dia digabungkan dengan asam salisilat. Tapi itu semua harus hati-hati, karena acne patch hidrokoloid itu dicampurkan dengan tea tree atau dengan asam salisilat tentunya akan resiko terjadinya dermatitis kontak iritan," kata dr. Fitria menjelaskan.

Oleh karenanya, sebelum memakai acne patch, cek bahan kandungan di dalamnya. Jika hanya ada hidrokoloid tanpa bahan lainnya, tidak masalah. Namun jika terdapat bahan campuran lainnya, kamu perlu lebih waspada.

Baca Juga: Hindari 2 Jenis Makanan Ini agar Wajah Tidak Jerawatan, Lebih Sehat dan Glowing

"Karena iritasi bukan karena hidro patch-nya, tetapi terhadap bahan aktif yang dimasukkan ke hidrokoloid patch-nya. Jadi bisa lihat dari bahannya apakah benar-benar hidrokoloid polos atau memang ada tambahan bahan lainnya seperti tea tree atau lainnya," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI