Apa Itu Time Blocking? Salah Langkah, Malah Bikin Burnout

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait time blocking.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 16 Februari 2024 icon 21:00 WIB
Apa Itu Time Blocking? Salah Langkah, Malah Bikin Burnout

Ilustrasi jam weker (Pixabay/Icons8_team)

Salah satu metode manajemen waktu yang populer adalah time blocking. Apa saja kelebihan dan kekurangan time blocking?

Melansir Hello Sehat, time blocking merupakan teknik manajemen waktu untuk membantu menjadwalkan rencana pekerjaan atau hal-hal yang harus dilakukan dengan memblokir slot waktu tertentu guna menyelesaikan suatu kegiatan tertentu agar lebih produktif.

Ada beberapa hal terkait time blocking yang perlu dipahami. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu, Begini Caranya agar Segalanya Lebih Efektif dan Efisien

Meningkatkan produktivitas

Time blocking membagi waktu ke dalam blok-blok tertentu. Ini akan membantu meningkatkan fokus dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan. Metode ini juga membantu menghindari multitasking yang merupakan musuh terbesar produktivitas.

Ilustrasi perempuan mengenakan jam tangan. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perempuan mengenakan jam tangan. (Pixabay/Free-Photos)

Pekerjaan lebih cepat selesai

Baca Juga: Sering Datang Terlambat, 5 Zodiak Ini Paling Buruk dalam Manajemen Waktu

Mengapa demikian? Ini karena time blocking bakal memaksamu untuk menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan, bahkan lebih cepat dari itu.

Mencegah pemborosan waktu

Kamu mungkin kerap tidak sadar berapa lama waktu yang dihabiskan saat mengerjakan sesuatu. Kondisi ini dapat menjadi salah satu penyebab kamu selalu merasa kekurangan dan kehabisan waktu.

Dengan mengatur waktu secara spesifik, kamu akan bisa mengoptimalkan penggunaan waktu dan mencegah pemborosan waktu.

Dinilai kurang fleksibel

Di sisi lain, time blocking seringkali dianggap kaku atau kurang fleksibel. Pasalnya, metode ini tidak bisa menangani perubahan yang ada. Saat terjadi perubahan mendadak, kamu harus segera mengatur kembali blok waktu yang telah ditetapkan dan itu tidaklah mudah.

Menyebabkan burnout

Blocking time memang solusi untuk kamu yang memiliki aktivitas padat seharian. Ini mungkin membuatmu lupa istirahat. Bagaimana bisa tetap produktif jika tidak punya waktu untuk merilekskan diri? Kamu mungkin malah berakhir burnout atau mengalami kelelahan akut.

Untuk mengatasinya, kamu bisa break down atau memecah tugas-tugas besar menjadi beberapa bagian kecil. Ini akan mempermudah otak mencerna informasi besar.

Cara lainnya, coba kombinasikan dengan metode manajemen waktu lainnya, seperti pomodoro, batching, dan parkinson law. Ini akan membantumu mengatasi burn out atau stres yang mungkin muncul akibat padatnya jadwal.

Baca Juga: Apakah Kita Sudah Gunakan Waktu Sebaik Mungkin?

Kamu juga bisa memaksa dirimu menyiapkan blok khusus untuk me time atau self care. Ingatlah bahwa dirimu bukan robot.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI